Budaya Saro'an di Sambas
Assalamuallaikum,
ini adalah tulisan pertama saya semoga dapat memberikan manfaat bagi kalian
yang mengunjungi blog saya. Tulisan pertama saya ini akan membahas tentang
budaya masyarakat sambas yaitu saro’an. Sambas terkenal dengan kota yang
memegang erat adat dan budayanya yang sampai sekarang masih banyak digunakan
oleh masyarakat Sambas, salah satunya yang akan saya ungkap adalah saro’an. Kebudayaan
yang satu ini tidak hanya sebatas kata saro’an, tapi yang harus diketahui
dibalik kata saro’an ini masih terdapat budaya didalamnya seperti Makan
Besaprah dan Antar Pakatan.
Disini saya akan
membahas tentang budaya saro’an dengan bahasa ibu yaitu Melayu Sambas dan
diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, selamat membaca.
Saro’an
dalam bahasa Melayu Sambas dan bahasa Indonesia
(pesisirpaloh.blogspot.com)
Saro’an
ye adelah suatu mase dimane masyarakat dalam satu kampong atau beberape kampong
diajakek datang untok meramaiek suatu acare bise berupe acare nikahan, sunatan,
pongtawar, ruwahan, dan sebagainye. Macam gambar diatas, iye adelah salah satu
contoh urang bekumpol di satu tampat untuk meriahkan acare di kampong, saro’an
ye adelah tempat dimane banyak keluarge yang bekumpol dari jaoh-jaoh. Disamping
iye untok datang saro’an biasenye ade budaye antar pakatan, dangan makan
besaprah. Nah lakak itok saye akan bahas sigek-sigek antare antar pakatan
dangan makan besaprah.
Saro’an adalah suatu
masa dimana masyarakat dalam satu kampung atau beberapa kampung diajak datang
untuk meramaikan suatu acara bisa berupa acara pernikahan, sunatan, tepungtawar
(potong rambut bayi) , ruwahan, dan sebagainya. Seperti gambar diatas adalah salah satu contoh
orang berkumpul di satu tampat untuk memeriahkan acara di kampung, saro’an
adalah tempat dimana banyak keluarga yang berkumpul dari jauh-jauh. Disamping
itu untuk datang saro’an biasanya ada budaya antar pakatan, dengan makan
besaprah. Nah setelah ini saya akan bahas satu persatu antara antar pakatan dengan
makan besaprah.
(misterpangalayo.com)
Antar pakatan ye adelah ari pertame
urang yang datang untok saro’an dangan mbawak segala’an baras, talok, gule,
ayam, ataupun kueh. Biasenye saro’an ye digalar 2 ari, ari pertame adelah ari
antar pakatan hari kedua’ ari basarnye acare saro’an iye, antar pakatan ye
biasenye dilaksanekan bahari mule dari lakak asar atau jam 3 sampai jam 5
lewat, dan ari basarnye adelah ari kedua’ acare saro’an iye digalar dan
dilaksanekan pagi ari mule dari jam 7.30 sampai jam 11 siang. Pakatan iye ade urang yang mbawak talok, ayam,
gule yang dibawak leh ibuk-ibuk dan biasenye dicatat leh tuan rumah karne dalam
istilah antar pakatan ye ade urang yang nagan dangan mbayar. Nagan ye adelah
urang yang datang mbawak barang, contohnye
(Marni) kakye ditulis leh tuan
rumah (Tina) dan tujuannye adelah bahwe barang yang dibawak leh Marni kalaknye
harus dibayar dangan barang yang same leh Tina pas si Marni ngadekan acare
saro’an dirumahnye. Jadi di saro’an iye bukan hanye tuan rumah yang paling
banyak pengeluaran dalam ngadekan acare,
masyarakat juak beparan dangan meringankan baban tuan rumah macamnak pas
ari antar pakatan masyarakat nagan barang yang mane barang yang dibawak pas
antar pakatan kalak ye untok disugohkan pas ari basarnye macamnak talok, ayam,
dangan kueh.
Antar
pakatan adalah hari pertama orang yang datang untuk saro’an dengan membawa
segala barang seperti beras, telur,
gula, ayam, ataupun kue. Biasanya saro’an digelar 2 hari, hari pertama adalah hari
antar pakatan dan hari kedua hari
basarnya acara saro’an tersebut, antar pakatan biasanya dilaksanakan sore mulai
setelah asar atau pukul 3 sampai pukul 5 sore, dan hari basarnya adalah hari
kedua acara saro’an tersebut digelar dan dilaksanakan pagi hari mulai dari
pukul 7.30 sampai jam 11 siang. Pakatan
tersebut terdapat orang yang membawa telur, ayam, gula yang dibawa oleh ibu-ibu
dan biasanya dicatat oleh tuan rumah karna dalam istilah antar pakatan ada orang yang nagan dengan bayar. Nagan itu
adalah orang yang datang membawa barang, contohnya (Marni)
lalu ditulis oleh tuan rumah (Tina) dan tujuannya adalah bahwa barang yang
dibawa oleh Marni nantinya harus dibayar dengan barang yang sama oleh Tina
ketika si Marni mengadakan acara saro’an dirumahnya. Jadi di saro’an itu bukan
hanya tuan rumah yang paling banyak pengeluaran dalam mengadakan acara, masyarakat juak beperan dengan meringankan
beban tuan rumah seperti di hari antar pakatan masyarakat nagan barang yang
mana barang dibawa saat antar pakatan
nantinya untuk disuguhkan di hari besarnya seperti telur, ayam, dengan kue.
(sampanpesisir.blogspot.com)
Selaing
iye saro’an dikanal dangan makan besaprahnye, yang mane pare tamu yang datang
di acare biasenye disogohkan dangan makanan khas melayu Sambas, ketike ngadapek
hidangan biaseeng urang yang makan mbuat kelompok yang tediri dari 5 atau 6
urang mbuat lingkarang dan dudok beselak. Tujuan dibuatnye saprahan dalam njamu
hidangan ye adelah nambah kebersamaan dangan silaturahmi antar masyarakat
Sambas karne yang beselak dalam satu kelompok pas nyaprah bukan hanye nak
beranaknye, tapi bise jadi satu kelompok dengan urang laing yang mbuat
silaturahmi antar masyarakat makin arat. Makan besaprah ye adelah makan dangan
nggunekan kelima’ jari untuk masokkan makanan ke mulut tanpe sendok atau garpu.
Makan besaprah ye kebersamaannye carekan ditarapkan dan kuat tejalinnye pas di
acare nikahan, tapong tawar, sedakah nasek, sunatan atau acare laingnye yang
besifat sakral.
Selain
itu saro’an dikenal dengan makan besaprahnya, yang mana para tamu yang datang
di acara biasanya disuguhkan dengan makanan khas melayu Sambas, ketika mengadap
hidangan biasanya orang yang akan makan membuat kelompok yang tediri dari 5
atau 6 orang membentuk lingkarang dan duduk bersila. Tujuan dibuatnya saprahan
dalam menjamu hidangan tersebut adalah menambah kebersamaan dengan silaturahmi
antar masyarakat Sambas karna yang bersila dalam satu kelompok saat besaprah
bukan hanya satu keluarga, tapi bisa jadi satu kelompok dengan orang lain yang
membuat silaturahmi antar masyarakat makin erat. Makan besaprah itu adalah
makan dengan menggunakan kelima jari untuk memasukkan makanan ke mulut tanpa
sendok atau garpu. Makan besaprah
kebersamaannya sangat ditarapkan dan kuat terjalinnya saat di acara
pernikahan, tapung tawar, sedekah nasi, sunatan atau acara lainnya yang besifat
sakral.
Jadi dalam acare saro’an ye maseh ade budaye
yang katat lalu ikatannye dangan kebersamaan dan silaturahmi antar masyarakat
macamnak yang udah saye ungkap tadek dalam antar pakatan dangan makan besaprah
ye, jadi kawan-kawan junjong tarus budaye kite, karne kalau bukan kite yang
melestarikannye pasti budaye iye akan tenggalam.
Jadi
dalam acara saro’an tersebut masih ada budaya yang ketat ikatannya dengan
kebersamaan dan silaturahmi antar masyarakat seperti yang sudah saya ungkap
tadi dalam antar pakatan dengan makan besaprah tersebut, jadi kawan-kawan
junjung terus budaya kita, karna kalau bukan kita yang melestarikannya pasti
budaya tersebut akan tenggalam.
Semoga yang sudah saya tulis dapat
memberikan manfaat untuk para pembaca blog ini.
Komentar
Posting Komentar