Budaya Saro'an di Sambas


Assalamuallaikum, ini adalah tulisan pertama saya semoga dapat memberikan manfaat bagi kalian yang mengunjungi blog saya. Tulisan pertama saya ini akan membahas tentang budaya masyarakat sambas yaitu saro’an. Sambas terkenal dengan kota yang memegang erat adat dan budayanya yang sampai sekarang masih banyak digunakan oleh masyarakat Sambas, salah satunya yang akan saya ungkap adalah saro’an. Kebudayaan yang satu ini tidak hanya sebatas kata saro’an, tapi yang harus diketahui dibalik kata saro’an ini masih terdapat budaya didalamnya seperti Makan Besaprah dan Antar Pakatan.
Disini saya akan membahas tentang budaya saro’an dengan bahasa ibu yaitu Melayu Sambas dan diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, selamat membaca.
Saro’an dalam bahasa Melayu Sambas dan bahasa Indonesia

(pesisirpaloh.blogspot.com)
Saro’an ye adelah suatu mase dimane masyarakat dalam satu kampong atau beberape kampong diajakek datang untok meramaiek suatu acare bise berupe acare nikahan, sunatan, pongtawar, ruwahan, dan sebagainye. Macam gambar diatas, iye adelah salah satu contoh urang bekumpol di satu tampat untuk meriahkan acare di kampong, saro’an ye adelah tempat dimane banyak keluarge yang bekumpol dari jaoh-jaoh. Disamping iye untok datang saro’an biasenye ade budaye antar pakatan, dangan makan besaprah. Nah lakak itok saye akan bahas sigek-sigek antare antar pakatan dangan makan besaprah.
Saro’an adalah suatu masa dimana masyarakat dalam satu kampung atau beberapa kampung diajak datang untuk meramaikan suatu acara bisa berupa acara pernikahan, sunatan, tepungtawar (potong rambut bayi) , ruwahan, dan sebagainya.  Seperti gambar diatas adalah salah satu contoh orang berkumpul di satu tampat untuk memeriahkan acara di kampung, saro’an adalah tempat dimana banyak keluarga yang berkumpul dari jauh-jauh. Disamping itu untuk datang saro’an biasanya ada budaya antar pakatan, dengan makan besaprah. Nah setelah ini saya akan bahas satu persatu antara antar pakatan dengan makan besaprah.


(misterpangalayo.com)
Antar pakatan ye adelah ari pertame urang yang datang untok saro’an dangan mbawak segala’an baras, talok, gule, ayam, ataupun kueh. Biasenye saro’an ye digalar 2 ari, ari pertame adelah ari antar pakatan hari kedua’ ari basarnye acare saro’an iye, antar pakatan ye biasenye dilaksanekan bahari mule dari lakak asar atau jam 3 sampai jam 5 lewat, dan ari basarnye adelah ari kedua’ acare saro’an iye digalar dan dilaksanekan pagi ari mule dari jam 7.30 sampai jam 11 siang.  Pakatan iye ade urang yang mbawak talok, ayam, gule yang dibawak leh ibuk-ibuk dan biasenye dicatat leh tuan rumah karne dalam istilah antar pakatan ye ade urang yang nagan dangan mbayar. Nagan ye adelah urang yang datang mbawak barang, contohnye  (Marni)  kakye ditulis leh tuan rumah (Tina) dan tujuannye adelah bahwe barang yang dibawak leh Marni kalaknye harus dibayar dangan barang yang same leh Tina pas si Marni ngadekan acare saro’an dirumahnye. Jadi di saro’an iye bukan hanye tuan rumah yang paling banyak pengeluaran dalam ngadekan acare,  masyarakat juak beparan dangan meringankan baban tuan rumah macamnak pas ari antar pakatan masyarakat nagan barang yang mane barang yang dibawak pas antar pakatan kalak ye untok disugohkan pas ari basarnye macamnak talok, ayam, dangan kueh.
Antar pakatan adalah hari pertama orang yang datang untuk saro’an dengan membawa segala barang seperti  beras, telur, gula, ayam, ataupun kue. Biasanya saro’an digelar 2 hari, hari pertama adalah hari antar pakatan dan  hari kedua hari basarnya acara saro’an tersebut, antar pakatan biasanya dilaksanakan sore mulai setelah asar atau pukul 3 sampai pukul 5 sore, dan hari basarnya adalah hari kedua acara saro’an tersebut digelar dan dilaksanakan pagi hari mulai dari pukul 7.30 sampai jam 11 siang.  Pakatan tersebut terdapat orang yang membawa telur, ayam, gula yang dibawa oleh ibu-ibu dan biasanya dicatat oleh tuan rumah karna dalam istilah antar pakatan  ada orang yang nagan dengan bayar. Nagan itu adalah orang yang datang membawa barang, contohnya  (Marni)  lalu ditulis oleh tuan rumah (Tina) dan tujuannya adalah bahwa barang yang dibawa oleh Marni nantinya harus dibayar dengan barang yang sama oleh Tina ketika si Marni mengadakan acara saro’an dirumahnya. Jadi di saro’an itu bukan hanya tuan rumah yang paling banyak pengeluaran dalam mengadakan acara,  masyarakat juak beperan dengan meringankan beban tuan rumah seperti di hari antar pakatan masyarakat nagan barang yang mana barang  dibawa saat antar pakatan nantinya untuk disuguhkan di hari besarnya seperti telur, ayam, dengan kue.

(sampanpesisir.blogspot.com)
            Selaing iye saro’an dikanal dangan makan besaprahnye, yang mane pare tamu yang datang di acare biasenye disogohkan dangan makanan khas melayu Sambas, ketike ngadapek hidangan biaseeng urang yang makan mbuat kelompok yang tediri dari 5 atau 6 urang mbuat lingkarang dan dudok beselak. Tujuan dibuatnye saprahan dalam njamu hidangan ye adelah nambah kebersamaan dangan silaturahmi antar masyarakat Sambas karne yang beselak dalam satu kelompok pas nyaprah bukan hanye nak beranaknye, tapi bise jadi satu kelompok dengan urang laing yang mbuat silaturahmi antar masyarakat makin arat. Makan besaprah ye adelah makan dangan nggunekan kelima’ jari untuk masokkan makanan ke mulut tanpe sendok atau garpu. Makan besaprah ye kebersamaannye carekan ditarapkan dan kuat tejalinnye pas di acare nikahan, tapong tawar, sedakah nasek, sunatan atau acare laingnye yang besifat sakral.
Selain itu saro’an dikenal dengan makan besaprahnya, yang mana para tamu yang datang di acara biasanya disuguhkan dengan makanan khas melayu Sambas, ketika mengadap hidangan biasanya orang yang akan makan membuat kelompok yang tediri dari 5 atau 6 orang membentuk lingkarang dan duduk bersila. Tujuan dibuatnya saprahan dalam menjamu hidangan tersebut adalah menambah kebersamaan dengan silaturahmi antar masyarakat Sambas karna yang bersila dalam satu kelompok saat besaprah bukan hanya satu keluarga, tapi bisa jadi satu kelompok dengan orang lain yang membuat silaturahmi antar masyarakat makin erat. Makan besaprah itu adalah makan dengan menggunakan kelima jari untuk memasukkan makanan ke mulut tanpa sendok atau garpu. Makan besaprah  kebersamaannya sangat ditarapkan dan kuat terjalinnya saat di acara pernikahan, tapung tawar, sedekah nasi, sunatan atau acara lainnya yang besifat sakral.
 Jadi dalam acare saro’an ye maseh ade budaye yang katat lalu ikatannye dangan kebersamaan dan silaturahmi antar masyarakat macamnak yang udah saye ungkap tadek dalam antar pakatan dangan makan besaprah ye, jadi kawan-kawan junjong tarus budaye kite, karne kalau bukan kite yang melestarikannye pasti budaye iye akan tenggalam.
Jadi dalam acara saro’an tersebut masih ada budaya yang ketat ikatannya dengan kebersamaan dan silaturahmi antar masyarakat seperti yang sudah saya ungkap tadi dalam antar pakatan dengan makan besaprah tersebut, jadi kawan-kawan junjung terus budaya kita, karna kalau bukan kita yang melestarikannya pasti budaya tersebut akan tenggalam.
Semoga yang sudah saya tulis dapat memberikan manfaat untuk para pembaca blog ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budaye bepapas

Media Instruksional: Teks Hikayat (SMA X)